Contributors

Don't miss

Friday, April 30, 2010

Amien: KPK Tidak Punya Wibawa Lagi


By on 4/30/2010 12:39:00 PM


Terkait pemeriksaan terhadap kasus Bank Century, Amien Rais menganggap penyidik KPK tidak menindak tegas orang-orang yang mempunyai kekuatan dalam negara ini. Mantan Ketua MPR/DPR ini menilai, KPK telah pilih kasih dalam pemeriksaan.

"Bukan hanya tebang pilih, KPK hanya berani menyentuh hal yang kecil-kecil, skala ratusan juta dan miliaran. Kalau sudah triliun dan sudah mengenai kekuatan dan negara, KPK seperti kerbau yang dicokok hidungnya. Tidak punya wibawa lagi," kata Amien Rais di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Kamis (29/4/2010) malam ini.

Walaupun demikian, Amien menyatakan, lembaga yang mempunyai tujuan mulia itu tidak perlu dibubarkan. "Menurut saya, KPK tidak perlu dibubarkan, tetapi semua oknumnya diganti lewat prosedur dengan tim idependen. Tim independen itu orang-orang yang berkredibilitas untuk menyeleksi pengurus KPK," ujarnya.

Masih kata Amien, dirinya melihat KPK telah mengecewakan rakyat karena tidak dapat bertindak tegas terhadap pelaku korupsi. "KPK sudah tidak kredibel, rakyat sudah tidak percaya lagi. Andaikata dibuat survei, mungkin 30-40 persen yang masih percaya. Karena jelas KPK sudah tebang pilih, KPK enggak berani dengan yang mempunyai kekuatan," katanya.

Mengenai pemeriksaan terhadap mantan Gubernur BI yang kini Wakil Presiden RI, Boediono, Amien pun tak berharap banyak akan adanya tindakan tegas.

"Jadi begini, kita sering mengatakan kalau semua badan negara sama sejajar di muka hukum. Dari lurah sampai presiden, dari bupati sampai perdana menteri. Tapi sekali lagi, setelah melihat pekerjaan KPK yang tebang pilih, yang tidak berani angkat kepala, KPK sudah tidak kredibel lagi," tandasnya. []

Sumbe berita & foto: kompas.com

Quotes from 12 Imams

Mencintai keindahan adalah fitrah. Sampaikan keindahan Ahlul Bait dan keindahan ajaran mereka dengan cara yang indah. "Kalau manusia mendengar keindahan ucapan-ucapan kami, niscaya mereka akan mengikuti kami" (Imam Ridha as).

0 comments:

Post a Comment