Contributors

Don't miss

Wednesday, June 16, 2010

Gara-gara Nonton Bola Dicambuk dan Dihukum Mati


By on 6/16/2010 11:52:00 PM

Partai yang menamakan dirinya "Hizbul Islam" (Partai Islam) di negara Somalia, Afrika yang gencar mensosialisasikan dan menyebarkan ajaran Salafi dan Wahabi melarang tontonan sepak bola dan mengeluarkan fatwa bahwa siapapun yang tertangkap basah sedang menonton sepak bola di depan umum maka ia akan dicambuk.

Berita terakhir berkaitan dengan hal ini disebutkan bahwa sampai sekarang sudah dua orang di daerah Mokadisu, ibu kota Somalia meninggal dunia saat menonton sepak bola dan 10 orang lainnya ditangkap di sebuah rumah di kota ini saat menyaksikan pertandingan Argentina VS Negeria.

Saat menjelaskan sebab pelarangan menonton sepak bola ini, Muhammad Abdi Arus menyatakan: Karena menonton sepak bola itu menyebabkan terbuang-buangnya waktu dan uang dan menyaksikan kaum pria dan wanita gila yang sedang meloncat-loncat (mendukung tim kesayangannya) adalah hal yang tak ada gunanya. Oleh karena itu, menonton sepak bola itu dilarang.

Sesuai laporan ini, beberapa partai lain yang juga berafiliasi ke kelompok Salafi pun memiliki peraturan dan ketetapan yang kurang lebih sama dengan hal ini. Mereka mengancam anak-anak muda supaya tidak menonton sepak bola, meskipun dari rumah mereka sendiri.

Perlu disebutkan dan dicatat bahwa mazhab Salafi adalah mazhab yang lahir setelah beberapa abad dari masa Rasul saw dan karena mereka sangat jauh dari penafsir sejati agama, yaitu ahlul bait (as), mereka menawarkan ajaran yang menyimpang dan identik dengan kekerasan.

Ajaran ini terkadang ditopang oleh pemerintahan seperti Saudi yang berusaha menghapus peninggalan peradaban Islam, dan terkadang dalam bentuk pemerintahan Taliban yang sangat menyengsarakan rakyat Afganistan atau dalam bentuk mazhab yang konservatif yang sangat menyakitkan rakyat Afrika.

Padahal ajaran Islam yang diusung oleh Nabi saw dan ahlul baitnya dapat menjadi teladan abadi dalam kasih sayang, toleransi dan perdamaian serta persahabatan antara manusia. [abna]

Quotes from 12 Imams

Mencintai keindahan adalah fitrah. Sampaikan keindahan Ahlul Bait dan keindahan ajaran mereka dengan cara yang indah. "Kalau manusia mendengar keindahan ucapan-ucapan kami, niscaya mereka akan mengikuti kami" (Imam Ridha as).

0 comments:

Post a Comment