Contributors

Don't miss

Wednesday, January 4, 2012

Waspadai Upaya Rusak Kedamaian


By on 1/04/2012 02:27:00 AM

Indonesia adalah Negara besar yang dihuni masyarakat dari berbagai latar belakang sosial budaya. Kerukunan dan kedamaian masyarakatnya sudah teruji dibawah naungan Binneka Tunggal Ika dalam falsafah bangsa Pancasila. Oleh karena itu, adanya rusuh dan konflik di masyarakat pasti ada pihak yang berupaya merusak kedamaian di Indonesia.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU), KH Said Aqil Siradj, mengatakan ada pihak yang ingin merusak suasana damai di Indonesia. Salah satu upaya itu melalui kasus pembakaran pesantren Syiah di Sampang, Madura, Jawa Timur. Ini pasti ada desain besarnya. Ada pihak-pihak yang ingin merusak suasana damai di Indonesia.

PB NU meminta pemerintah dan aparat keamanan bekerja lebih keras mencegah aksi serupa tidak terulang di kemudian hari. Hubungan Sunni-Syiah di Indonesia, termasuk di Madura, selama ini berlangsung damai. Sunni dan Syiah di Madura sama sekali tidak terlibat perselisihan, baik di masa lampau maupun sekarang. Aksi pembakaran pesantren Syiah di Madura diduga dilakukan sekelompok orang untuk merusak kondisi damai. Indikasi lain dari dugaan tersebut, adalah latar belakang aksi pembakaran pesantren yang bermula dari perselisihan hubungan keluarga. Artinya jelas, Sunni dan Syiah hanya dijadikan alat seolah-olah memang ada permusuhan. Padahal tidak, mereka dari dulu sampai sekarang hidup damai berdampingan.

Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Jawa Timur, Imron Rosyadi Hamid mengatakan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya desain konflik Sunni-Syiah di Sampang, Madura, Jawa Timur pada beberapa waktu lalu. Kami menduga ada desain Sunni-Syiah untuk merusak Jatim, karena kejadian yang sama dengan isu yang sama baru saja terjadi di Bangil. Kewaspadaan tentang dugaan adanya desain itu penting untuk masyarakat agar tidak mudah terpancing dengan hal-hal serupa, karena tokoh masyarakat hendaknya mencegah kasus itu agar tidak meluas dan berkembang. Untuk anggota Ansor dan Banser, kami minta anggota Ansor dan warga NU untuk membantu aparat kepolisian guna mengembalikan kondusifitas keadaan agar upaya memperluas dan mengembangkan konflik dapat dicegah.

Politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, anggota DPR RI, Dewi Aryani, mengatakan meminta semua pihak selalu mewaspadai bentuk atau proses sistemik penghancuran bangsa yang bisa merugikan rakyat dan merapuhkan peran negara. Tahun 2012 memang baru berjalan satu hari, maka sebaiknya evaluasi-evaluasi tahun terdahulu menjadi pijakan penting untuk membuat langkah ke depan, termasuk mewaspadai gerakan-gerakan yang bisa menghancurkan bangsa melalui sistem yang sistemik.

Menghimbau semua pihak untuk selalu waspada adanya pihak-pihak yang ingin merusak kedamaian di Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang belum jelas maksud dan tujuannya. Jagalah kebersamaan dan kedamaian demi kejayaan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Arif Rahman Riyanto
Taman Anyelir Kota Depok, Jawa Barat
Email : arifarif.r@gmail.com

(Dikutip dari http://www.mimbar-opini.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=5416)

Quotes from 12 Imams

Mencintai keindahan adalah fitrah. Sampaikan keindahan Ahlul Bait dan keindahan ajaran mereka dengan cara yang indah. "Kalau manusia mendengar keindahan ucapan-ucapan kami, niscaya mereka akan mengikuti kami" (Imam Ridha as).

0 comments:

Post a Comment