Contributors

Don't miss

Tuesday, May 12, 2009

Sayeret Yahalom, Pasukan Khusus Israel


By on 5/12/2009 12:10:00 PM

Ketika Israel menyerang Gaza Desember 2008, tidak hanya Angkatan bersenjata Israel biasa (Israely Defense Force, IDF) yang turun, tetapi juga mengerahkan salah satu pasukan khususnya, yaitu Sayeret Yahalom. Keahlian khususnya adalah untuk menyisir keberadaan para anggota HAMAS yang bersembunyi di terowongan rahasia di sekitar jalur Gaza dan Mesir.

Banyak operasi militer yang dilakukuan IDF yang melibatkan Sayeret Yahalom untuk melawan pejuang Palestina. Kemampuan pasukan khusus ini melacak keberadaan terowongan rahasia yang diduga menjadi basis pejuang HAMAS dalam mendapatkan suplai uang, bahan bakar dan persenjataan, ternyata data mereka itu tidak berguna sama sekali ketika Israel menggempur HAMAS di Gaza Desember 2008 lalu.

Berkat informasi Sayeret Yahalomlah, jet-jet tempur IDF ternyata salah menggempur terowongan rahasia yang ada di jalur Gaza. Kenyataannya mereka malah menghancurkan terowongan milik kelompok Fatah anak emas Israel dan Amerika.

Diakui atau tidak, terjadinya insiden kemanusiaan di GAZA yang mengakibatkan korban jiwa yang besar di kalangan warga sipil, salah satunya akibat informasi keliru dan tidak akurat dari Sayeret Yahalom.

Sayeret Yahalom, merupakan pasukan khusus teknis IDF. Nama Yahalom itu sendiri dalam bahasa Ibrani mengandung arti “berlian.” Unit elit ini konon termasuk unit yang sangat dirahasiakan keberadaannya. Sehingga hampir semua operasi yang dilakukan oleh unit ini hampir tidak pernah diketahui atau tidak pernah dipublikasikan kepada publik.

Sayaret Yahalom memiliki kemampuan teknis khusus dalam menjalankan misi sebagai berikut:
1. Misi Komando dan kontra-terorisme.
2. Peledakan dan menanamkan peledak di titik yang telah ditentukan.
3. Menjinakkan bom, ranjau dan melucuti senjata lawan seperti meriam.
4. Sabotase maritim dan menerobos penghalang.
5. Mencari dan menghancurkan terowongan rahasia.
6. Mengembangkan metode canggih serta peralatan untuk misi peledakan dan melucuti senjata lawan.
7. Mengajarkan dan melatih pengeboman serta melucuti senjata lawan kepada prajurit dan unit khusus lainnya.

Sayaret Yahalom ternyata juga memiliki beberapa sub-unit yang memiliki tugas masing-masing.

Yael, adalah sub-unit spesialis misi peledakan, misi sabotase jarak jauh, dan kontra teror dan teknis maritim.

Yachsap (sub-unit pelucut senjata), bertugas memindahkan ranjau di ladang ranjau, melucuti hulu ledak rudal, menangani senjata nuklir, senjata biologis dan senjata kimia, serta pembuangan bom.

Samoor (Musang), sub-unit ini bertugas mencari dan menghancurlkan terowongan rahasia pejuang HAMAS dan menyembunyikan persenjataan.

Dan terakhir Hevzek (kilat), merupakan sub-unit khusus yang mengendalikan robot.

Saat ini, militer Israel sudah mampu mengandalkan robot yang dikendalikan dari jarak jauh. Biasanya robot ini digunakan untuk menyelidiki terowongan rahasia. [islammuhammadi/mt/berbagai sumber]

Quotes from 12 Imams

Mencintai keindahan adalah fitrah. Sampaikan keindahan Ahlul Bait dan keindahan ajaran mereka dengan cara yang indah. "Kalau manusia mendengar keindahan ucapan-ucapan kami, niscaya mereka akan mengikuti kami" (Imam Ridha as).

0 comments:

Post a Comment