Contributors

Don't miss

Thursday, December 12, 2013

Pensyiahan


By on 12/12/2013 02:59:00 AM

12Imam - Tidak ada pensyiahan di negeri berpenduduk mayoritas Sunni. Tapi ketertarikan orang Sunni kepada Syiah adalah realitas dan fenomena yang tidak bisa dibantah.

Pensyiahan dan pensunnian bahkan pemusliman atau pengkristenan adalah kata-kata tak bermakna dan paradoksal, karena :

1. Keyakinan adalah peristiwa metafisik dan psikis. Ia adalah premis-premis dan logos yang terbentuk dalam benak secara otomatis, bahkan kadang tidak disadari oleh subjek, terutama bila dihadirkan melalui narasi besar atau premis fundamemtal, disebut apriori.

Karena bersifat subjektif dan metafisik juga psikis, maka ia tidak tunduk pada hukum fisik, termasuk pemaksaan. Hal itu karena pemaksaan hanya akan mencapai hasil maksimal berupa pengakuan verbal.

2. Pemindahan keyakinan bahkan tentang sesuatu yang tidak bertalian dengan agama mungkin hanya bisa dilakukan bila pihak yang menjadi objek tidak memiliki keyakinan tentang masalah itu, meski secara sosial dianggap penganut keyakinan tertentu berdasarkan hukum relasi tempat.

Karena itu, Indonesia sulit untuk dianggap sebagai negeri berpenduduk mayoritas Sunni. Sunni (secara terminologis bukan "selain Syiah", tapi sebuah mazhab kalam yang didasarkan pada prinsip ke'adil'an sahabat Nabi yang diyakini sebagai penghubung umat Islam dengan Nabi atau Quran dan Sunnah atau Hadis. Artinya, yang benar-benar Sunni secara kemazhaban itu bukan mayoritas.

3. Pensyiahan adalah frase yang nampaknya hanya menemukan terapannya dalam dunia khayal. Karena jauh hari sebelumnya digemborkan bahwa Syiah adalah kelompok yang menyembunyikan keyakinan asli atau bertaqiyah.

Bila taqiyah digambarkan oleh pensesat Syiah sebagai topeng guna menyembunyikan keyakinan, tentu tuduhan pensyiahan tidak menemukan terapan objektif. Orang yang menyembunyikan keyakinan karena menghindari intimidasi orang-orang intoleran tidak akan berkesempatan untuk mengajak orang-orang yang mengiranya semazhab dengannya untuk menganut mazhab yang dirahasiakannya.

4. Keyakinan adalah logos teologis dan keagamaan manusia. Ia mestinya tertanam berdasarkan pilihan karena kepuasan dan kemantapan, tanpa dipengaruhi oleh faktor selain itu.

Karenanya, pensyiahan dan pensunnian atau modus misionari lainnya tidak akan berpengaruh.

Di samping itu, istilah pensyiahan di daerah Sunni, demikian pula sebaliknya, kadang bisa ditafsirkan secara negatif sebagai ekspresi ketidakberdayaan mempertahankan keyakinan. Hal ini juga berlaku atas orang-orang Syiah melontarkan istilah pensunnian.

Nikmatilah keyakinanmu berupa agama maupun mazhab...

Orang Sunni sejati tak akan goyah oleh ajakan siapapun.

Orang Syiah sejati harus memberi kesempatan bila seorang Sunni ingin memperkenalkan mazhabnya.

Silakan perkenalkan mazhab Sunni di sentra-sentra komunitas Syiah, tapi jangan mengagresi keyakinan kesyiahan yang telah dipilihnya dengan cara pengkafiran dan hujatan, karena itu hanya akan membuat objek makin mantap dengan keyakinan pilihannya.

Enjoy your faith...

Sumber : https://www.facebook.com/yandasadra/posts/10202525676320826

Quotes from 12 Imams

Mencintai keindahan adalah fitrah. Sampaikan keindahan Ahlul Bait dan keindahan ajaran mereka dengan cara yang indah. "Kalau manusia mendengar keindahan ucapan-ucapan kami, niscaya mereka akan mengikuti kami" (Imam Ridha as).

0 comments:

Post a Comment