Contributors

Don't miss

Thursday, December 5, 2013

Doa untuk Para Pejuang di Medan Perang


By on 12/05/2013 02:37:00 PM


دعاء لأهل الثغور
  Doa untuk Para Pejuang di Medan Perang


أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد وَآلِهِ، وَحَصِّنْ ثُغُورَ الْمُسْلِمِينَ بِعِزَّتِكَ، وَأَيِّدْ حُمَاتَهَا بِقُوَّتِكَ، وَأَسْبغَ  عَطَايَاهُمْ مِنْ جِدَتِكَ.
1. Ya Allah,
Sampaikan salawat kepada Muhammad dan keluarganya,
Kuatkanlah pertahanan kaum muslimin dengan kekuasaan-Mu, kokohkan para pembelanya dengan kekuatan-Mu, dan banyakkan bekal mereka dengan kekayaan-Mu!

أللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد وَآلِهِ، وَكَثِّرْ عِدَّتَهُمْ، وَاشْحَذْ أَسْلِحَتَهُمْ، وَاحْرُسْ حَوْزَتَهُمْ، وَامْنَعْ حَوْمَتَهُمْ، وَأَلِّفْ جَمْعَهُمْ، وَدَبِّرْ أَمْرَهُمْ، وَوَاتِرْ بَيْنَ مِيَرِهِمْ، وَتَوَحَّدْ بِكِفَايَةِ مَؤَنِهِمْ، وَاعْضُدْهُمْ بِالنَّصْرِ، وَأَعْنِهُمْ بِالصَّبْرِ، وَالْطُفْ لَهُمْ فِي الْمَكْرِ.
2. Ya Allah,
Sampaikan salawat kepada Muhammad dan keluarganya,
Banyakkan bilangan mereka, tajamkan senjata mereka, pertahankan medan mereka, persatukan pasukan mereka, bereskan urusan mereka, datangkan perbekalan kepada mereka secara beruntun, curahkan bantuan-Mu untuk memenuhi keperluan mereka, dukung mereka dengan pertolongan, bantu mereka dengan kesabaran, dan berikan anugrah-Mu kepada mereka dalam melakukan tipuan.


أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد وَآلِهِ، وَعَرِّفْهُمْ مَا يَجْهَلُونَ، وَعَلِّمْهُمْ مَا لاَ يَعْلَمُونَ، وَبَصِّرْهُمْ مَا لاَ يُبْصِرُونَ.
3. Ya Allah,
Sampaikan salawat kepada Muhammad dan keluarganya,
Beri mereka informasi tentang apa yang mereka jahil di dalamnya, ajari mereka apa yang tidak diketahuinya, dan perlihatkan apa yang tidak dilihatnya.

أللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد وَآلِهِ، وَأَنْسِهِمْ عِنْدَ لِقَآئِهِمُ الْعَدُوَّ ذِكْرَ دُنْيَاهُمُ الْخَدَّاعَةِ الْغَرُورِ، وَامْحُ عَنْ قُلُوبِهِمْ خَطَرَاتِ الْمَالِ الْفَتُونِ، وَاجْعَلِ الْجَنَّةَ نَصْبَ أَعْيُنِهِمْ وَلَوِّحْ مِنْهَا لأِبْصَارِهِمْ مَا أَعْدَدْتَ فِيهَا مِنْ مَسَاكِنِ الْخُلْدِ وَمَنَازِلِ الْكَرَامَةِ وَالْحُورِ الْحِسَانِ وَالأَنْهَارِ الْمُطَّرِدَةِ بِأَنْوَاعِ الأَشْرِبَـةِ ، وَالأَشْجَارِ الْمُتَدَلِّيَةِ بِصُنُوفِ الثَّمَرِ، حَتَّى لاَ يَهُمَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ بِالأدْبَارِ، وَلا يُحَدِّثَ نَفْسَهُ عَنْ قِرْنِهِ بِفِرَار.
4. Ya Allah,
Sampaikan salawat kepada Muhammad dan keluarganya,
Ketika meraka berjumpa dengan musuh, lupakan mereka pada kenangan dunia mereka yang mengecoh dan menipu, hapuskan dari hati mereka bisikan harta yang penuh cobaan, jadikan surga di depan mata mereka, perlihatkan di hadapan pandangan mereka apa yang telah Kau persiapkan di dalamnya; tempat tinggal yang kekal, rumah kemuliaan, bidadari jelita, sungai yang memancarkan macam-macam minuman, pohon-pohon rindang yang direndahkan dengan aneka buah-buahan, sehingga mereka tidak berniat lari dan tidak terlintas keinginan untuk desersi.

أللَّهُمَّ افْلُلْ بِذَلِـكَ عَدُوَّهُمْ، وَاقْلِمْ عَنْهُمْ أَظْفَارَهُمْ، وَفَرِّقْ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ أَسْلِحَتِهِمْ، وَاخْلَعْ وَثَائِقَ أَفْئِدَتِهِمْ، وَبَاعِدْ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ أَزْوِدَتِهِمْ، وَحَيِّرْهُمْ فِي سُبُلِهِمْ، وَضَلِّلْهُمْ عَنْ وَجْهِهِمْ، وَاقْـطَعْ عَنْهُمُ الْمَدَدَ وَانْقُصْ مِنْهُمُ الْعَدَدَ، وَامْلاْ أَفْئِدَتَهُمُ الرُّعْبَ، وَاقْبِضْ أَيْـدِيَهُمْ عَنِ البَسْطِ، وَاخْـزِمْ أَلْسِنَتَهُمْ عَنِ النُّطْقِ، وَشَرِّدْ بهِمْ مَنْ خَلْفَهُمْ، وَنَكِّلْ بِهِمْ مَنْ وَرَاءَهُمْ، وَاقْـطَعْ بِخِزْيِهِمْ أَطْمَـاعَ مَنْ بَعْدَهُمْ.
5. Ya Allah,
Dengan begitu, kalahkan musuh mereka, gunting taring-taring mereka, pisahkan mereka dari senjata mereka, lepaskan ikatan hati mereka, jauhkan mereka dari perbekalan mereka, kacaukan mereka di jalan-jalan mereka, sesatkan mereka dari tujuan mereka, putuskan bala bantuan mereka, kurangi bilangan mereka, penuhi hati mereka dengan ketakutan, tahan tangan mereka dari penyerangan, ikat lidah mereka dari pembicaraan, cerai-beraikan orang di belakang mereka, dan putuskan dengan kekalahan harapan orang yang datang sesudah mereka.

أللَّهُمَّ عَقِّمْ أَرْحَامَ نِسَائِهِمْ، وَيَبِّسْ أَصْلاَبَ رِجَالِهِمْ، وَاقْطَعْ نَسْلَ دَوَابِّهِمْ وَأَنْعَامِهِمْ، لاَ تَأذَنْ لِسَمَائِهِمْ فِي قَطْر وَلاَ لارْضِهِمْ فِي نَبَات.
6. Ya Allah,
Mandulkan rahim perempuan mereka, keringkan sulbi lelaki mereka, putuskan keturunan binatang ternak mereka, serta jangan biarkan langit mereka menurunkan hujan dan bumi mereka menumbuhkan tanaman.

أللَّهُمَّ وَقَوِّ بِذَلِكَ مِحَالَّ أَهْلِ الإسْلاَمِ ، وَحَصِّنْ بِهِ دِيَارَهُمْ ، وَثَمِّرْ بِـهِ أَمْوَالَهُمْ ، وَفَرِّغْهُمْ عَنْ مُحَارَبَتِهِمْ لِعِبَادَتِكَ وَعَنْ مُنَابَذَتِهِمْ للْخَلْوَةِ بِكَ، حَتَّى لا يُعْبَدَ فِي بِقَاعِ الارْضِ غَيْرُكَ وَلاَ  تُعَفَّرَ لِاَحَدٍ مِنْهُمْ جَبْهَةٌ دُونَكَ.
7. Ya Allah,
Dengan begitu, kuatkan kecerdikan kaum Muslimin, perkokoh kota-kotanya, suburkan hartanya, serta berikan waktu luang bagi mereka dari peperangan mereka untuk beribadah kepada-Mu dan dari pertempuran mereka untuk berkhalwat bersama-Mu.

أللَّهُمَّ اغزُ بِكُلِّ نَـاحِيَـة مِنَ الْمُسْلِمِينَ عَلَى مَنْ بِـإزَائِهِمْ  مِنَ الْمُشْرِكِينَ، وَأَمْدِدْهُمْ بِمَلائِكَة مِنْ عِنْدِكَ مُرْدِفِينَ حَتَّى يَكْشِفُـوهُمْ إلَى مُنْقَطَعِ التُّـرابِ قَتْـلاً فِي أَرْضِكَ وَأَسْراً أَوْ يُقِرُّوا بِأَنَّكَ أَنْتَ اللهُ الَّذِي لاَ إلهَ إلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ.
8. Ya Allah,
Kirimkan kaum Muslimin dari semua penjuru untuk menyerang orang musyrik yang melawan mereka, perkuat mereka dari sisi-Mu dengan para malaikat yang berbaris-baris sehingga mendesak mereka (orang musyrik) sampai ke ujung bumi, terbunuh di bumi-Mu dan tertawan, atau bersaksi tidak ada Tuhan kecuali Engkau Yang Esa tanpa Sekutu.

أللَّهُمَّ وَاعْمُمْ بِذَلِكَ أَعْدَاءَكَ فِي أَقْطَارِ الْبِلاَدِ مِنَ الْهِنْدِ وَالرُّومِ وَالتُّـرْكِ وَالْخَزَرِ وَالْحَبَشِ وَالنُّـوبَةِ وَالـزِّنْج والسَّقَالِبَةِ وَالدَّيَالِمَةِ وَسَائِرِ أُمَمِ الشِّرْكِ الَّذِي تَخْفَى أَسْمَاؤُهُمْ وَصِفاتُهُمْ، وَقَدْ أَحْصَيْتَهُمْ بِمَعْرِفَتِكَ، وَأَشْرَفْتَ عَلَيْهِمْ بِقُدْرَتِكَ.
9. Ya Allah,
Masukkan ke dalamnya semua musuh-Mu di berbagai negeri: India, Roma, Turki, Khazar, Abesinia, Nubia, Zanji, Slavia, Dailami dan semua negeri musyrik yang nama-nama dan sifatnya tersembunyi tetapi Engkau sudah menghitungnya dengan pengetahuan-Mu dan Kau awasi mereka dengan kekuasaan-Mu

أللَّهُمَّ اشْغَلِ الْمُشْرِكِينَ بِالمُشْرِكِينَ عَنْ تَنَاوُلِ أَطْرَافِ الْمُسْلِمِينَ، وَخُذْهُمْ بِـالنَّقْصِ عَنْ تَنَقُّصِهِمْ، وَثَبِّطْهُمْ بِـالْفُـرْقَـةِ عَنِ الاحْتِشَادِ عَلَيْهِمْ.
10. Ya Allah,
Palingkan perhatian orang musyrik dengan orang musyrik lagi sehingga tidak sampai ke perbatasan kaum muslimin, cegah mereka memotong mereka dengan pemotongan mereka dan porak-porandakan mereka sehingga tidak bersatu menyerang mereka.
أللَّهُمَّ أَخْلِ قُلُوبَهُمْ مِنَ الأَمَنَـةِ وَأَبْدَانَهُمْ مِنَ الْقُوَّةِ وَأَذْهِلْ قُلُوبَهُمْ عَنِ الاحْتِيَالِ وَأَوْهِنْ أَرْكَانَهُمْ عَنْ مُنَازَلَةِ الرِّجَالِ وَجَبِّنْهُمْ عَنْ مُقَارَعَةِ الأَبْطَالِ، وَابْعَثْ عَلَيْهِمْ جُنْداً مِنْ مَلاَئِكَتِكَ بِبَأس مِنْ بَأْسِكَ كَفِعْلِكَ يَوْمَ بَدْر تَقْطَعُ بِهِ دَابِرَهُمْ وَتَحْصُدُ بِهِ شَوْكَتَهُمْ، وَتُفَرِّقُ بهِ عَدَدَهُمْ.
11. Ya Allah,
Kosongkan hati mereka dari ketentraman dan badan mereka dari kekuatan, palingkan hati mereka dari membuat reka perdaya, lemahkan anggota tubuh mereka sehingga tidak mampu bertarung, buat mereka takut sehingga tidak dapat bertempur, dan kirimkan kepada mereka pasukan malaikat-Mu dengan dahsyatnya kekuatan-Mu seperti yang Kau lakukan di Badar, sehingga Kau hancurkan akar-akarnya, Kau patahkan duri-durinya, dan Kau cerai-beraikan pasukannya.

اللَّهُمَّ وَامْزُجْ مِيَاهَهُمْ بِالْوَبَاءِ وَأطْعِمَتَهُمْ بِالأَدْوَاءِ وَارْمِ بِلاَدَهُمْ بِالْخُسُوفِ وَأَلِـحَّ عَلَيْهَا بِـالْقُذُوفِ وَافْـرَعْهَا بِالْمُحُولِ. وَاجْعَلْ مِيَرَهُمْ فِي أَحَصِّ أَرْضِكَ وَأَبْعَـدِهَا عَنْهُمْ، وَامْنَـعْ حُصُونَهَا مِنْهُمْ، أَصِبْهُمْ بِالْجُوعِ الْمُقِيمِ وَالسُّقْمِ الالِيمِ.
12. Ya Allah,
Campuri air mereka dengan wabah dan makanan mereka dengan penyakit, gempakan kota-kota mereka dengan goncangan, ganggu mereka dengan lemparan, halangi mereka dengan kemarau, tempatkan bekal mereka di negeri-Mu yang paling buruk serta paling jauh dari mereka, cegah mereka dari bentenganya, dan timpakan pada mereka kelaparan yang menetap, dan penyakit yang mengerikan.

أللَّهُمَّ وَأَيُّمَا غَاز  غَزَاهُمْ مِنْ أَهْلِ مِلَّتِكَ أَوْ مُجَاهِد جَاهَدَهُمْ مِنْ أَتْبَاعِ سُنَّتِكَ لِيَكُونَ دِينُكَ الاعْلَى وَحِزْبُكَ الأقوَى وَحَظُّكَ الأوْفَى فَلَقِّهِ الْيُسْرَ، وَهَيِّئْ لَهُ الأمْرَ، وَتَوَلَّهُ بِالنُّجْحِ، وَتَخَيَّرْ لَهُ الأصْحَابَ، وَاسْتَقْوِ لَهُ الظَّهْرَ، وَأَسْبِغْ عَلَيْهِ فِي النَّفَقَةِ وَمَتِّعْهُ بِالنَّشَاطِ، وَأَطْفِ عَنْهُ حَرَارَةَ الشَّوْقِ، وَأَجِرْهُ مِنْ غَمِّ الْوَحْشَةِ، وَأَنْسِهِ ذِكْرَ الاهْلِ وَالْوَلَدِ
13. Ya Allah,
Jika ada perajurit pengikut agama-Mu berperang melawan mereka, jika ada pengikut sunnah-Mu berjihad menentang mereka, supaya agama-Mu mulia, pasukan-Mu perkasa, dan bagian-Mu paling sempurna, maka berikan dia kemudahan, bereskan urusannya, anugrahkan kemenangan kepadanya, pilihkan sahabat untuknya, kuatkan topangannya, limpahkan perbelanjaannya, senangkan dia dengan kegiatan, padamkan dari dirinya panasnya kerinduan, lindungi dari pedihnya kesepian, dan lupakan dia untuk mengenang istri dan keturunan.

وَأْثُرْ لَهُ حُسْنَ النِّيَّةِ وَتَوَلَّه بِالْعَافِيَةِ، وَأَصْحِبْهُ السَّلاَمَةَ، وَأَعْفِهِ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَلْهِمْهُ الْجُرْأَةَ وَارْزُقْهُ الشِّدَّةَ وَأَيِّدْهُ بِالنُّصْرَةِ، وَعَلِّمْهُ السِّيَرَ وَالسُّنَنَ، وَسَدِّدْهُ فِي الْحُكْمِ، وَاعْزِلْ عَنْهُ الرِّياءَ، وخَلِّصْهُ مِنَ السُّمْعَةِ وَاجْعَلْ فِكْرَهُ وَذِكْرَهُ وَظَعْنَهُ وَإقَامَتَهُ فِيْكَ وَلَكَ،
14.
Tanamkan kepadanya ketulusan niat, jadikan dia sehat wal afiat, jadikan keselamatannya sebagai sahabat, sembuhkan dia dari kepengecutan, ilhamkan kepadanya keberanian, berikan dia kekuatan, bantu dia dengan pertolongan, ajarkan dia budi baik dan Sunnah, luruskan dia dalam mengambil keputusan, jauhkan dia dari riya, bersihkan dia dari keinginan mendengar pujian, dan jadikan pikirannya, ingatannya, jatuh-bangunnya hanya pada-Mu dan untuk-Mu.

فَإذا صَافَّ عَدُوَّكَ وَعَدُوَّهُ فَقَلِّلْهُمْ فِي عَيْنِهِ وَصَغِّرْ شَأنَهُمْ فِي قَلْبِهِ وَأَدِلْ لَهُ مِنْهُـمْ وَلاَ تُدِلْهُمْ مِنْهُ فَإنْ خَتَمْتَ لَهُ بِالسَّعَادَةِ وَقَضَيْتَ لَهُ بِالشَّهَادَةِ فَبَعْدَ  أَنْ يَجْتَاحَ عَدُوَّكَ بِالْقَتْلِ وَبَعْدَ أنْ يَجْهَدَ بِهِمُ الأسْرُ وَبَعْدَ أن تَأمَنَ أطرَافُ المُسْلِمِينَ وَبَعْدَ أَنْ يُوَلِّيَ عَدُوُّكَ مُدْبِرِينَ.
15.
Ketika dia berbaris di hadapan musuh-Mu dan musuhnya; sedikitkan mereka di matanya, kecilkan keadaan mereka di hatinya, gilirkan kepadanya kemenangan, jangan gilirkan kemenangan kepada mereka.
Jika Kau akhiri dia dengan kebahagiaan, dan Kau tetapkan baginya kesyahidan; lakukan itu setelah mengalahkan musuhnya dengan membunuh, setelah musuh-musuh tertawan, daerah-daerah kaum muslimin aman, dan musuh-Mu terusir mundur.

أللَّهُمَّ وَأَيُّمَا مُسْلِم خَلَفَ غَازِياً أَوْ مُرَابِطاً فِي دَارِهِ أَوْ تَعَهَّدَ خَالِفِيْهِ فِيْ غَيْبَتِهِ، أَوْ أَعَانَهُ بِطَائِفَة مِنْ مَالِهِ، أَوْ أَمَدَّهُ بِعِتَاد، أَوْ شَحَذَهُ عَلَى جِهَاد، أَوْ أَتْبَعَهُ فِي وَجْهِهِ دَعْوَةً، أَوْ رَعَى لَهُ مِنْ وَرَآئِهِ حُرْمَةً. فَأَجْرِ لَهُ مِثْلَ أَجْرِهِ وَزْناً بِوَزْن وَمِثْلاً بِمِثْل وَعَوِّضْهُ مِنْ فِعْلِهِ عِوَضاً حَاضِراً يَتَعَجَّلُ بِهِ نَفْعَ مَا قَدَّمَ، وَسُرُورَ مَا أَتَى به، إلَى أَنْ  يَنْتَهِيَ بِهِ الْوَقْتُ إلَى مَا أَجْرَيْتَ لَـهُ مِنْ فَضْلِكَ، وَأَعْدَدْتَ لَهُ مِنْ كَرَامَتِكَ.
16. Ya Allah,
Jika ada seorang muslim menggantikan prajurit atau pejuang di rumahnya, mengurus yang ditinggalkannya selama ketiadaannya, membantunya dengan sebagian hartanya, menolong dengan persenjataan, mengasahnya untuk perjuangan, mengantarkannya dengan doa, dan menjaga kehormatannya di belakangnya; berikan kepadanya pahala seperti pahalanya yang sama timbangannya serta sama bandingnya, dan gantikan perbuatannya dengan segera.
Dengan begitu, dia bersegera mendapat manfaat dari apa yang telah dia berikan, dan kebahagiaan dari apa yang dia kurbankan, sehingga waktu membawanya kepada karunia yang telah Kau tentukan, dan anugrah yang telah Kau persiapkan.

أللَّهُمَّ وَأَيُّمَا مُسْلِم أَهَمَّهُ أَمْرُ الإِسْلاَمِ وَأَحْزَنَهُ تَحَزُّبُ أَهْلِ ألشِّرْكِ عَلَيْهِمْ فَنَوَى غَزْواً أَوْ هَمَّ بِجهَـاد فَقَعَدَ بِـهِ ضَعْفٌ أَوْ أَبطَأَتْ بِهِ فَاقَةٌ، أَوْ أَخَّرَهُ عَنْهُ حَادِثٌ، أَوْ عَرَضَ لَهُ دُونَ إرَادَتِهِ مَانِعٌ، فَاكْتُبِ اسْمَـهُ فِي الْعَابِدِينَ وَأوْجبْ لَهُ ثَوَابَ الْمُجَاهِدِينَ وَاجْعَلْهُ فِي نِظَامِ الشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ.
17. Ya Allah,
Jika ada seorang muslim yang urusan Islam merisaukannya dan gabungan kaum musyrik mendukakannya, kemudian ia hendak berperang atau berniat jihad tetapi kelemahan menahannya, kemiskinan menundanya, kemalangan menghambatnya, atau sesuatu mencegahnya bukan karena kehendaknya; tuliskan namanya di antara para abidin, pastikan baginya pahala mujahidin, masukkan dia dalam barisan syuhada dan shalihin.

أللَّهُمَّ صَـلِّ عَلَى مُحَمَّد عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ وَآلِ مُحَمَّد صَلاَةً عَالِيَةً عَلَى الصَّلَوَاتِ مُشْرِفَةً فَوْقَ التَّحِيَّاتِ، صَلاَةً لاَ يَنْتَهِي أَمَدُهَا وَلا يَنْقَطِعُ عَدَدُهَا كَأَتَمِّ مَـا مَضَى مِنْ صَلَوَاتِكَ عَلَى أَحَد مِنْ أَوْلِيـائِكَ، إنَّـكَ الْمَنَّانُ الْحَمِيدُ الْمُبْدِئُ (الْمُعِيدُ الفَعَّالُ لِمَا تُرِيْدُ).
18. Ya Allah,
Sampaikan salawat kepada Muhammad hamba dan Rasul-Mu beserta keluarganya, salawat yang agung di atas segala salawat dan menjulang di atas segala salam penghormatan, salawat yang tidak terhingga ujungnya dan yang tidak terputus bilangannya, seperti salawat-Mu yang paling sempurna yang sudah Kau sampaikan kepada salah seorang kekasih-Mu.
Sungguh, Engkau Maha Pemurah, Maha Terpuji, Yang Memulai (Yang Mengulangi, Yang Berbuat sekehendak-Mu).

Quotes from 12 Imams

Mencintai keindahan adalah fitrah. Sampaikan keindahan Ahlul Bait dan keindahan ajaran mereka dengan cara yang indah. "Kalau manusia mendengar keindahan ucapan-ucapan kami, niscaya mereka akan mengikuti kami" (Imam Ridha as).

0 comments:

Post a Comment