Contributors

Don't miss

Friday, March 19, 2010

Obama Batal Datang, RI Kini Sambut PM China


By on 3/19/2010 06:07:00 PM


Setelah mendengar Barack Obama urung datang, Indonesia kini mulai bersiap menyambut kedatangan pemimpin yang tak kalah penting. Dia adalah Perdana Menteri China, Wen Jiabao, yang rencananya menyambangi Indonesia April mendatang.

Demikian ungkap Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. Dalam konfrensi pers di Jakarta, Jumat 19 Maret 2010, Marty menilai kedatangan kepala pemerintah dari Tiongkok itu bukan merupakan bentuk kompetisi China dan AS.

"Kita menyambut kedatangan PM China bulan depan. Namun saya tidak melihatnya sebagai suatu bentuk kompetisi. Ini adalah refleksi dari posisi penting Indonesia," kata Marty. Indonesia, menurut Marty, tidak ingin menanggap suatu negara "lebih" dibanding negara lain.

Belum ada penjelasan lanjut mengenai jadwal kedatangan Wen ke Jakarta. Namun, Marty menjelaskan antara Indonesia dan China sudah ada hubungan kemitraan strategis, antara lain di bidang ekonomi dan perdagangan, sehingga kunjungan PM Wen bisa memberikan makna substansi terhadap hubungan strategis kemitraan tersebut. "Apalagi di 60 tahun hubungan Indonesia dan China," tambahnya.

Dampak positif dari hubungan baik dan saling menguntungkan antara Indonesia-China, bukan hanya dirasakan secara bilateral, tetapi di juga di kawasan. "Begitu besar potensinya. Banyak perubahan yang bisa kita bawa dengan memperdalam hubungan persahabatan kita, banyak peluang," tambah Marty. [vivanews]

Quotes from 12 Imams

Mencintai keindahan adalah fitrah. Sampaikan keindahan Ahlul Bait dan keindahan ajaran mereka dengan cara yang indah. "Kalau manusia mendengar keindahan ucapan-ucapan kami, niscaya mereka akan mengikuti kami" (Imam Ridha as).

0 comments:

Post a Comment