Contributors

Don't miss

Sunday, October 12, 2014

PIDATO PERTAMA NABI MUHAMMAD SAW PADA HARI JUM’AT


By on 10/12/2014 09:15:00 PM

12 imam - Pidato pertama nabi muhammad saw pada hari jum’at 



“segala uji bagi Allah swt yang senantiasa aku memuji-Nya, memohon pertolongan kepadanya, meminta petunjuk-Nya, beriman kepada-Nya, dan tidak mengingkari-Nya, dan aku memusuhi orang yang mengingkarinya.  Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah, Tuhan Yang Maha Esa, dan tidak ada sekutu bagi-Nya,  dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, yang telah diutus dengan membawa petunjuk, cahaya dan nasihat, pada sebagian priode para rosul, pada masa sedikitnya ilmu pengetahuan, tersesatnya manusia, terputusnya zaman, dan Sudah dekatnya hari kiamat dan ajal. Siapa saja yang menaati Allah dan Rosul-Nya, maka ia mendapat petunjuk, dan siapa saja yang menentang krduanya, maka ia tersesat sejauh- jauhnya.
Rosulullah menyampaikan pidato ini pada saat kedatangannya di kota madinah, dikalangan bani Salim bin Auf, di tengah lemmbah mereka.
“Aku berpesan kepada kalian untuk bertaqwa kepada Allah. Sesungguhnya pesan terbaik yang disampaikan seorang muslim kepada muslim lainnya ialah menganjurkan kepada akhirat dan memerintahnya bertaqwa kepada Allah swt.  Waspadalah kepada apa yang diperingatkan Allah tentang diri-Nya. Sesungguhnya taqwa kepada Allah, bagi orang yang mengamalkannya bagi yang takut kepadaNya, merupakan penolong yang dapat dipercaya  untuk dapat memperoleh apa yang mereka inginkan dari urusan akhirat. Siapa saja yang memperbaiki urusan diantara dirinya dengan Allah , baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, dan ia tidak bermaksud untuk itu kecuali untuk memperoleh ridha Allah, maka itu akan menjadi pengingat baginya dalam urusan yang segera, dan menjadi tabungan baginya setelah mati, di saat orang memerlukan apa yang telah ia lakukan. Adapun selain (perbuatan baik) itu maka ia akan berharap senadainya antara ia dan hari itu ada jarak yang sangat jauh. Allah mengingatkan kalian akan diri-Nya. Dan Allah amat sayang kepada para hamba-Nya. Demi dzat yang membenarkan perkataan-Nya dan melaksanakan janji-Nya, sungguh  tidak ada perubahan untuk itu . karena Allah swt telah berfirman:
“keputusan disisiku tidak dapat diuba dan aku sekali-kali tidak menganiyaya hamba-hambaku”
(Qs : Qaf: 29)
Bertaqwalah kepada allah pada urusan kalian kalian yang cepat dan urusan kalian yang lambat, dalam keadaan sembunyi-sembunyai maupun terang-terangan. Karena siapa saja yang bertaqwa kepada Allah maka akan diampuni dosa-dosanya dan allah akan memberikan pahala yang besar baginya. Barang siapa yang bertaqwa kepada-Nya sungguh ia telah memperoleh kemenangan yang besar . sesungguhnya taqwa kwpada allah akan melindungi seseorang  dari kebencian-Nya, akan  melindungi seseorang dari, siksaNya, dan murkaNya.  Sesugguhnya taqwa kepada allah akan memutihkan wajah, membuat tuhan ridho dan meninggikan derajat. Ambilah bagian keberuntunganmu,dan jangaan melampaui batas di sisi Allah. Allah swt telah mengajarkan kepada kalian kitabNya dan telah menjelaskan  jalanNya, supaya orang orang yang benar dan orang-orang yang berdusta tahu. Maka berbuat baiklah sebagaimana  Allah berbuat baik kepada kalian, dan musuhilah  musuh musuhnya. Serta berjihadlah di jalan Allah dengan sebenar- benarnya.  Karena dia telah memilih kalian dan menamakan kalian orang muslim. Supaya orang yang binasa, binasa atas dasar kejelasan dan orang yang hidup, hidup atas dasar kejelaasan. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan kekuatan Allah swt.
Perbanyaklah mengingat Allah dan beramalah untuk masa sesudah hari ini. Karen siapa saja yang memperbaiki hubungan dirinya dengan Allah, maka Allah akan cukupkan baginya hubungan antara dia dengan manusia. Karena allah yang memutuskan urusan manusia, namun manusia tidak memutuskan urusanNya. Dan Allah yang memiliki (menguasai) manusia namun manusia tidak menguasaiNya. Allah maha besar. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali  dengan pertolongan Allah yang maha tinggi dan maha agung.

- hadias Bukhari, dari al-muntaqa milik al-kazaruni

-ahmad zaki shafwat dari kitab jambarah al-khutbah,  menukil daritarikh thabari
~ 12-imam.blogspot.com

Quotes from 12 Imams

Mencintai keindahan adalah fitrah. Sampaikan keindahan Ahlul Bait dan keindahan ajaran mereka dengan cara yang indah. "Kalau manusia mendengar keindahan ucapan-ucapan kami, niscaya mereka akan mengikuti kami" (Imam Ridha as).

0 comments:

Post a Comment